Pages

Minggu, 05 Mei 2019

Wanita Haid/nifas di Bulan Ramadhan




Alhamdulillah Allah telah mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan, sebelumnya saya dan keluarga mengucapkan mohon maaf apabila selama kita berinteraksi terdapat salah dan khilaf baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja, mohon maaf lahir dan batin semoga Allah bersihkan hati kita dari segala macam penyakit yang dapat mengurangi pahala kita di bulan nan berkah dan mulia.

Selagi di awal ramadhan saya mengingatkan kepada sahabat semua terkhusus bagi saya pribadi untuk membuat target amalan di bulan ramadhan.  Semoga Allah mudahkan segala upaya yang kita lakukan agar di bulan suci kali ini bisa mengoptimalkan ibadah baik secara kualitas dan juga kuantitas.  

Nah bagaimana jika di awal ramadhan puasa kita sudah bolong alias target yang kita tuliskan belum bisa terlaksana?
  Tentunya bolong puasanya ada sebabnya ya,  semisal sakit,  sedang haid,  hamil menyusui dan sebagainya. Seperti halnya saya yang saat ini masih dalam masa nifas pasca persalinan,  sudah otomatis tidak bisa melaksanakan ibadah mahdhoh (khusus), yang jika ibadah itu kita jalankan dengan ikhlas maka akan Allah lipat gandakan pahalanya, Subhanallah. Siapa yang tidak ingin dengan janji Allah tersebut ? sudah pasti kita tidak ingin melewatkannya.  Namun apa daya jika kita berhalangan untuk mendapatkannya?  

Tidak perlu bersedih ya,  banyak ibadah ghoirumahdhoh (umum)  yang bisa kita laksanakan, terkhusus bagi wanita haid/nifas, diantaranya :
1. Menyiapkan makan sahur dan berbuka untuk keluarga (hari ini blm bisa menyiapkan sahur untuk suami,  nguatuk si baby ngajak begadang) 😊😊😊
2. Senantiasa panjatkan doa di setiap kesempatan 
3. Memperbanyak sedekah
4. Membaca tafsir qur'an, membaca terjemahan Al Qur'an,  mendengarkan bacaan Al Qur'an, mentadaburi Al Qur'an
5. Membaca buku 
6. Dzikir pagi dan petang
7. Menyiapkan iftor jama'i
8. Menjaga kebersihan hati
9. Mendampingi anak belajar
10. Menjadi guru TPA
11. Muroja'ah 
12 . Menjaga lisan 
13. Menahan amarah
14. Membaca Artikel tentang keislaman
15. Belajar via on line 

Masih banyak aktivitas lain yang bisa dikerjakakan bagi wanita haid/nifas saat bulan ramadhan. 

Secuil dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar