Pages

Jumat, 07 Februari 2020

Mempererat Ukhuwah




Perjalanan jauh kami kali ini bukan hanya untuk sekedar jalan-jalan melepas penat dengan berbagai aktivitas harian yang nampak monoton dan cenderung membosankan. Namun, punya tujuan mulia, menjaga ukhuwah, merawat semangat serta memperluas ilmu.

Banyak pengorbanan namun jauh lebih banyak kemanfaatan yang kami dapatkan. Tidak mudak bagi sebagian kami yang notabene memiliki amanah pekerjaan di dalam perkantoran, sudah bisa di pastikan banyak waktu yang harus kami curahkan di sana, capek?? sudah pasti, tidak perlu dipertanyakan. Begitu pula sebagian lagi yang mengharuskan full time di rumah untuk mengerjakan aktivitas domestik yang serasa tiada habisnya. Capek, lelah, bosan tak jarang menghampirinya. Akan tetapi disebalik semua kelelahan dan semua kebosanan ada segudang pahala yang Allah hadiahkan buat hambaNya. Allah Maha Baik, jalankan saja peranmu !!! itu sudah cukup.


Kembali pada topik menjaga ukhuwah...
Kamipun segera bersiap-siap, membawa segala perlengkapan yang diperlukan selama safar. Sebenarnya tidak lama, hanya membutuhkan waktu -+ 2 hari, 3 malam. Barang-barang kami lumayan banyak karna ada trio balita yang kemanapun harus ngikit ummi dan abinya pergi, maklum anak rantau yang tak ada satu keluargapun di sini.

Dalam keberangkatan kami sekeluarga terpisah oleh mobil. saya bersama si baby dan si kakak pertama, sementara si tengah sudah berangkat duluan bersama abi. Qodarullah sampe di perjalanan si tengah yang ikut abi mabok kendaraan, tak lama kemudian ummi yang menyusul dengan kendaraan lain juga ikut mabuk kendaraan. 

Masya Allah perjuangan kita ya nak, tengah malam di perjalanan yang sepi, gelap, mencekam, semoga Allah ganti segala pengorbanan kecil kita ini dengan keindahan surgaNya kelak. Aamiin..

Rombangan mobil pertama sudah tiba di tempat yang di tuju menjelang tengah malam, sedangkan rombongan kita masih dalam perjalanan. Rehat sejenak kemudian melanjutkan perjalanan, dan akhirnya kami tiba di tempat tujuan pukul 3 dini hari. Bersyukur Allah senantiasa melindungi kita. Rehat sejenak untuk meyambut aktivitas pagi hari.

*****

Matahari mulai bersinar, saatnya kita memulai aktivitas yang telah di rencanakan. Menimba ilmu, mengasah fikir, menerima taujih dari ustadz dan ustadzah disertai diskusi dan dialog.
Maasya Allah jiwa terasa segar setelah menerima siraman qolbu, futur mereda di ganti dengan aura semangat yang memancar, terima kasih Yaa Allah, Engaku berikan kesempatan lagi kepada kami untuk mengikuti kegiatan ini, agenda yang di mulai sejak pagi kini telah berakhir di waktu yang hampir tengah malam, kemudian semuanya menunaikan hak tubuhnya untuk beristirahat.





Day 2,
Pagi hingga siang kami berkumpul di area bibir pantai, di bawah pepohonan yang sangat rindang kami duduk melingkar beralaskab tikar. Kami saling menyampaikan hasil diskusi, sesekali di tanggapi teman yang lain, di tutup dengan sedikit nasihat dari ustadz/ah.

Agendapun berakhir, kami dibonusi untuk jalan-jalan sebentar di tempat yang begitu indah, bersih, airnya sangat jernih, banyak ikan, kepiting, bintang lautpun ikut menampakkan diri, dan sesekali monyet mondar-mandir disekitar kami untuk meminta jatah makanan. 

Alhamdulillah usai sudah, kami melanjutkan perjalanan pulang dan tiba di rumah waktu isya'. 

Sekali lagi terima kasih banyak Ya Allah atas segala nikmat serta karuniaMu.

Toli-toli, 1-2 Februari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar