Pages

Kamis, 10 Agustus 2017

DAPD




Setiap melakukan perjalanan kemudian mendengar kumandang adzan di lantunkan sebagai tanda masuknya waktu sholat, kami sebisa mengkin bergegas menuju masjid terdekat. Agar kami bisa melaksanakan sholat fardlu berjama'ah.
Karena sholat berjama'ah di masjid lebih utama daripada sholat sendirian di rumah terlebih untuk laki-laki yang notabene hukumnya wajib, bagi perempuan hukumnya sunnah, perbandingan pahalanya antara sholat munfarid dengan sholat berjamaah adalah  1° X 27°, adapun keutamaan sholat berjama'ah di masjid antara lain, di doakan oleh Malaikat, mendapat naungan di hari kiamat, meningkatkan persaudaraan dan lain sebagianya.

Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Seandainya manusia mengetahui keutamaan dari adzan dan shaff pertama dan mereka mengetahui bahwa mereka tidak akan mendapatinya kecuali dengan susah payah maka pasti mereka akan bersusah payah. Dan seandainya mereka megetahui keutamaan dari tiba lebih awal pasti mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan seandainya mereka mengetahui keutamaan didalam sholat isya dan shubuh pasti mereka akan mendatanginya walaupun harus dengan merangkak.” (HR. Bukhrori Muslim).

Nah kan.... jangan sampai ketinggalan bagi para ikhwan untuk sholat jama'ah di masjid. Akhwat juga diperbolehkan koq, tenang saja..!!

Selain itu, yang perlu kita perhatikan dan merupakan hal paling utama dalam sholat adalah kekhusyukan, sholat merupakan sarana kita untuk berbincang langsung dengan Allah, sesibuk apapun aktivitas dunia kita, harus kita sempet-sempetin berdoa setelah melakukan sholat fardlu, meski hanya sesaat saja. Karna senjata yang paling mustajab bagi seorang muslim adalah doa, dan sehabis sholat adalah salah satu waktu yang di ijabah buat berdoa. Jadi ketika sholat di masjid jangan DAPD, Datang Akhir Pulang Duluan, lebih baik datang di awal dan pulang belakangan, manfaatkan waktu untuk berdzikir dan sholat rowatib. 


#note to my self





Tidak ada komentar:

Posting Komentar