Pages

Rabu, 09 Agustus 2017

Pilih yang mana?




Eheeem lagi galau nich...
Dikit-dikit koq galau ya? Emangnya yang punya masalah situ doang? Orang lain ada masalah juga kali...
Ah sudahlah..... ngemeng apa ini ?

Hay hay bumil-bumil syatik yang sekarang sudah melahirkan apa kabar? Semoga ibu & si dedek bayi sehat dan tumbuh dengan baik. Setelah melalui proses kehamilan selama +- 40 weeks dengan kondisi yang berbeda-beda tentunya antara orang yang satu dengan yang lainnya. Alhamdulillah di kehamilan saya yang ke-2 ini tidak serepot seperti pada kehamilan pertama, hanya di awal2 kehamilan saja mual dan muntah-muntah, kadang-kadang juga sakit kepala, namun tak sesering seperti hamil sebelumnya dan sedikit agak pegel-pegel pinggangnya.


Semuanya sudah berlalu, kini si kecil sudah lahir dan mulai tumbuh, tapi masih masa-masa nifas. Kalau di tanya mau hamil dan melahirkan lagi ? Ya jelas lah, kita pingin punya banyak anak, karna kalau banyak anak itu banyak rejeki. Tapi tidak sekarang langsung nambah anak lagi lho ya, biarkan si kecil mendapatkan haknya secara penuh yakni ASI eksklusif dan menyusu sampai umur 2 tahun, biarlah jeda sebentar.

Nah selama 'menjeda' kehamilan (mengatur jarak kehamilan) sahabat pernah bingung ga sich? Kira-kira mau menggunakan alat kontrasepsi apa ? Heeemmm....mikir !!!

Dulu sering lihat Ibu minum obat kecil-kecil warna putih & kuning setiap hari, terus di jelasin kalau minum obat yang warna kuning pasti langsung haid, dan ini di sebut pil KB, dan aku belum begitu faham karna waktu itu masih kecil. Selain itu pakai pil ada juga yang menggunakan obat cair dengan cara di suntikkan ke dalam tubuh, ada yang masanya 3 bulan atopun 1 bulan, dah dua itu aja saya tahunya dulu.

Baru tahu kalau alat kontrasepsi itu ada berbagai jenis setelah kuliah di kesehatan, tapi ga begitu paham juga sich, sepertinya masih perlu konsultasi dengan teman-teman jurusan kesehatan reproduksi.

Nah sekarang lagi butuh ilmu tentang alat kontrasepsi nich? Ada yang bisa menjelaskan? minimal kasih saran kek...

Inikan saya habis lahiran terus bingung nich mau menggunakan alat kontrasepsi apa? Kasih masukan donk teman-teman ..!!

Sewaktu melahirkan saya di saranin sama bidan untuk menggunakan alat kontrasepsi spiral, awalnya mau di pasang saat persalinan, qodarullah ga jadi karna saya manual plasenta, jadi pemasangannya minimal 45 hari pasca persalinan, nah pas tanya teman-teman ternyata yang menggunakan spiral banyak yang terjadi pendarahan, emang sich kondisi fisik orang tidak sama, tapi jadi khawatir dengernya. Bidan juga menyarankan kalau saya tidak boleh menggunakan kontrasepsi hormonal, lagian kasian juga si kecil kalau ASI nya jadi ke ganggu gegara pake kontrasepsi hormonal. Jadi sampe sekarang saya masih bingung mau menggunakan kontrasepsi apa, yah minimal biar jeda 2-3 tahun lah hamilnya.

Butuh pencerahan tentang KB alami/kalender

Tidak ada komentar:

Posting Komentar